Rabu, 23 Mei 2012

Pasar Hewan Pon Diwacanakan Dipindah


BLORA, - Wacana pemindahan Pasar Hewan Pon Blora kembali mengemuka. Lokasi pasar yang hanya ramai pada pasaran Jawa Pon tersebut itu bakal diubah menjadi pasar sayur mayur atau pasar basah. Adapun pasar pon sendiri akan dipindah ke lokasi lain yang hingga kini masih dalam pembahasan Pemkab Blora.
"Ke depan memang ada rencana pemindahan Pasar Hewan Pon. Namun itu masih perlu kajian dan pembahasan lebih lanjut," ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disperindagkop UMKM) Blora, Gunadi, Rabu (23/5).
Sejatinya, wacana pemindahan pasar pon sudah muncul sejak lama. Yakni ketika Blora dipimpin Bupati Basuki Widodo di awal tahun 2000-an. Bahkan ketika itu telah disiapkan lahan untuk lokasi pasar hewan di Kecamatan Jiken. Pemkab Blora pun telah membangun tembok pagar di lokasi baru pasar hewan yang terletak bersebelahan dengan gudang koperasi Wargo Tani Makmur.
Gudang tersebut selama ini dipakai Mobil Cepu Limited (MCL) untuk menyimpan peralatan pertambangan minyak dan gas.  Namun wacana pemindahan pasar pun urung dilaksanakan setelah Bupati Basuki Widodo meninggal dunia.
Kini, ketika bupati Blora dijawab adik kandung Almarhum Basuki Widodo, yakni Djoko Nugroho, wacana pemindahan pasar hewan (sapi dan kambing) itupun muncul lagi. Namun lokasi pemindahan bukan lagi di lahan yang telah ada di Kecamatan Jiken. "Di Jiken itu lahannya kurang luas, sehingga kemungkinan tidak di sana," kata Gunadi.
Lebih lanjut Gunadi menyatakan wacana pemindahan pasar pon terkait erat dengan penataan pasar di Blora. Menurutnya pedagang sayur mayur yang selama ini berjualan di pasar rel akan dipindah ke lokasi pasar hewan Pon. Sementara pasar induk Blora direncanakan untuk pasar kering atau nonsayur mayur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar